selamat datang di catatan kecil mama allena

Selasa, 07 Mei 2013

Peralatan yang Bermanfaat Setelah Melahirkan (cocok buat kado melahirkan)


Setelah melahirkan, Alhamdulillah banyak sekali kado yang diberikan oleh saudara dan kerabat. Dalam tulisan ini saya mencoba menambah informasi bagi calon mom ataupun bagi teman-teman yang mau memberi kado buat saudara atau kerabat yang baru melahirkan. Berdasarkan pengalaman selama menjadi “New mom”, berikut ini adalah barang-barang yang menurut saya bermanfaat dan baik untuk kado bagi teman sehabis melahirkan.


1.  Kursi Mandi Bayi

Kursi mandi ini adalah hadiah dari sahabat saya namanya Mbak Ratna, ini adalah barang yang menjawab kekhawatiran saya ketika harus memandikan Allena. Ketika Allena umur 2 bulan, ia sudah mulai susah dipegang karena sering loncat-loncat, nah dengan kursi mandi ini Allena lebih anteng karena seperti tiduran dan mandi juga lebih bersih karena air mandi yang bekas sabun tidak terpakai lagi seperti kalau mandi di bak mandi bayi. Ini dia kursi mandi Allena, foto ini diambil dalam rangka ikut lomba shampo xixixi....cerianya Allena mandi dengan kursi mandi..:)




2.  Bantal Bayi
Memilih bantal bayi anti peang emang gampang-gampang susah. Banyak sekali bantal anti peang yang ada di pasaran, mulai yang isinya kulit kacang ijo, memory foam, latex, dakron dll. Saya membeli bantal bayi yang menurut saya sangat baik kualitasnya dan kelihatannya Allena nyaman memakainya dan selamat dari kepala peang. Bantal ini saya beli di Informa, merupakan bantal yang terbuat dari memory foam dan bisa dipakai sampai Todler. Bantal ini terdiri dari beberapa lapis. Untuk umur bayi 0-6 bulan memakai  1 lapisan yang terbesar, setelah 6 bulan ketebalan bantal akan ditambah lagi sesuai petunjuk pemakaian yang ada di kemasan bantal.


3.  Selimut Bayi
Selimut bayi yang hangat merupakan barang yang sangat sering dipakai dan harus punya lebih dari 1, sehingga direkomendasikan untuk diberikan sebagai kado. Sangat bermanfaat untuk menyelimuti bayi ketika tidur atau ketika berpergian dengan mobil.  Selimut ini saya beli di Informa ketika ada diskon 50% hihihi… beli banyak sekalian buat persediaan kado teman yang melahirkan. Selain hangat selimut ini bagus juga buat latar kalau Allena foto-foto loh…





4. Handuk Bayi

Tidak semua handuk bayi nyaman dipakai loh bunda… Terkadang ada handuk bayi yang rontok dan serbuknya lengket di kulit bayi. Handuk bayi juga sebaiknya punya lebih dari 1, punya 2 handuk atau lebih akan lebih baik sehingga handuk cocok buat kado melahirkan. Pilih handuk yang mempunyai daya serap yang baik. Saya membeli handuk jepang di online shop yang ternyata memiliki daya serap yang bagus dan tidak mengeluarkan serbuk-serbuk benang.



5.  Minyak Telon

Sering kali kita mendapat kado paket kosmetik bayi, namun ternyata tidak semua kosmetik itu terpakai, belum lagi masalah brand kosmetik yang belum tentu cocok. Menurut saya kosmetik bayi yang paling sering dipakai yaitu Minyak Telon. Saya sangat senang sekali mendapat kado dari teman suami berupa minyak telon 1 box (isi 6 botol) karena sangat bermanfaat sekali untuk dipakai setiap habis mandi dan ketika bayi kembung.  


6.  Sprei/Perlak Anti Air

Ini juga barang yang sangat berguna bagi yang baru punya bayi loh mom. Saya membeli sprei anti air dan sangat berguna agar spring bed tidak terkena noda-noda ompol.  Sprei anti air dipakai dibawai sprei yang biasa kita pakai. Tapi kalau kita mau member kado sprei anti air, kita harus tanya dulu ukuran bed yang dipakai loh mom, biar pas, kalau mau aman bisa kita ganti dengan perlak anti air yang dijual meteran mom. karena berdasarkan pengalaman, kita membutuhkan lebih dari 1 perlak.



7.  Slow cooker (buat MPASI)
   
Ketika Allena masuk saat MPASI, alat yang sangat membantu dalam menyiapkan menu2 Allena adalah slow cooker. Dengan alat ini menu apapun bisa dibuat dengan mudah, sehingga mitos tentang saat MPASI adalah saat yang rempong terbantah sudah. Sampai saat ini slow cooker masih jadi pilihan kado buat sahabat yang baru melahirkan.  


8. Kain Gendongan Tradisonal (gendongan Jarit)


Mungkin bunda heran, kok gendongan jarit menjadi salah satu pilihan kado paling bermanfaat versi saya. Saya pribadi tidak pernah mempersiapkan kain jarit sebagai barang yang patut dipersiapkan. Pada saat dapat kado 1 kain jarit dari adik ibu (bulek), saya cuma simpan di lemari, sampai pada saat bayi berumur 4 bulan barulah si gendongan jarit ini sangat berperan, karena bayi sudah tidak nyaman digendong di posisi tidur dan ternyata lebih nyaman di gendong dengan gendongan jarit. Apalagi pengasuh baby yang kurang nyaman dengan gendongan modern dan lebih senang pake gendongan jarit so....gendongan jarit tetap jadi favorit yang sangat berguna dan saya akhirnya beli 2 lagi kain gendongan jarit ini untuk ganti-ganti.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar