Minggu, 28 Januari 2018

Lebih Sehat dengan Pola Hidup Rendah Gula, Rendah Karbohidrat dan Puasa



Emak pernah mengalami timbangan badan nggak mau ke kiri? Padahal sudah nggak makan malam, makan buah saja, makan nasi merah, eh tetap saja jarum timbangan ke kanan terus.
Bahkan ada juga yang putus asa bilang “saya ini Mak. ngeklik like postingan makanan di Facebook aja sudah gemuk”.
Tapi Mak, Jangan ikutan putus asa dulu ya. Tiga hal berikut dapat membantu Emak menjadi lebih sehat bahkan berbonus langsing.
1.        Tidak perlu banyak makan gula dan karbohidrat Mak
Ternyata tubuh kita hanya membutuhkan gula sebanyak 50 gram per hari atau setara dengan 2 sendok teh saja per hari. Kebutuhan akan glukosa di dalam tubuh tidak semata-mata berasal dari gula. Glukosa dapat dihasilkan dari makanan yang masuk ke tubuh kita Mak. Lemak akan diolah menjadi glukosa sebanyak 10%, protein 56% dan karbohidrat 100%. Nah Mak, itulah sebabnya selain gula, makan karbohidrat juga harus dibatasi, karena seluruhnya akan diolah menjadi glukosa.
Mungkin ada Emak yang berpikir, apa masalahnya kalau glukosa banyak di dalam tubuh ya? Kelebihan asupan glukosa baik dari gula maupun karbohidrat, pada akhirnya akan disimpan sebagai lemak di tubuh. Selain itu kebanyakan asupan glukosa di dalam tubuh akan menghambat fungsi leptin. Leptin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh dan memberi sinyal bahwa kita merasa kenyang.
2.        Tidak perlu makan sepanjang hari  
Kebiasaan makan kita hampir dilakukan sepanjang hari yaitu dimulai dengan sarapan di pagi hari, makan siang, camilan sore sampai makan malam. Hal ini menyebabkan lambung bekerja keras untuk mencerna makanan sepanjang hari, insulin bekerja paksa sehingga pankreas menjadi lelah dan munculah gejala diabetes karena insulin sudah ngambek.
Sekarang ada baiknya kita mulai mengatur waktu makan Mak. Buatlah waktu tidak makan atau puasa lebih panjang durasinya dari pada waktu makan. Emak dapat membatasi waktu makan malam misalnya jam 6 atau jam 8 malam. Dalam sehari usahakan Emak mengkonsumsi air putih minimal 2,5 sampai 3 liter ya, karena berfungsi untuk mendetok racun di tubuh.
3.        Istirahat yang cukup dan berolahraga ya Mak
Lakukan olahraga ringan secara rutin minimal 10 menit sehari agar lebih bugar. Usahakan tidur maksimal jam 10 malam ya Mak. Dengan tidur yang cukup dapat memberikan kesegaran dan menghindari Emak dari stress.


Pola hidup seperti ini baru dapat dirasakan manfaatnya apabila Emak disiplin menjalankannya. Tidak perlu berubah terlalu ekstrim, tapi dapat dilakukan secara bertahap sehingga dapat mengubah pola hidup yang selama ini dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar